"Presents an interesting news & Satisfying your Korean needs.."


Senin, 29 Maret 2010

Universitas Surabaya Jalin Persaudaraan Lewat LKTI FF

LKTI FF Universitas Surabaya
Salah satu tim peserta LKTI mempresentasikan karyanya

Universitas Surabaya / Ubaya kedatangan calon scientist muda dari SMA se-Indonesia. Kedatangan mereka kali ini adalah untuk mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Se-Indonesia. Helatan akbar ini diprakarsai oleh Fakultas Farmasi (FF) Ubaya. Acara yang diadakan pada 6 Maret silam ini, merupakan kompetisi dua tahunan. Dengan mengusung tema “Pemanfaatan Potensi Sumber Daya Alam Indonesia dalam Bidang Kesehatan dan Kosmetik” ini setidaknya diikuti oleh 91 tim dari seluruh SMA di Indonesia, baik negeri maupun swasta.

Alhasil, dari total tersebut hanya 15 tim saja yang dinyatakan lolos mengikuti babak final di Ubaya. Adapun tim-tim yang berhasil lolos dalam LKTI ini sebagian besar berasal dari luar Surabaya. Di antaranya adalah Semarang, Magelang , Balikpapan, bahkan Ambon. Hebatnya lagi, ada tiga tim dari SMAN 1 Singaraja yang semuanya berhasil lolos ke babak final ini.

Pada babak final yang dibagi dalam dua sesi ini diikuti para peserta dengan penuh semangat. “Para peserta sangat antusias! Jumlah peserta yang mendaftar melebihi perkiraan kami. Mereka juga mempersiapkan presentasi karya tulis mereka dengan sangat hebat, dari mulai slide, cara berbicara, dan realisasi idenya. Bahkan ada peserta dari Petra yang dari membawa produk jadi dari karya ilmiah mereka berupa es krim daun katuk, “ terang Claudia Windasari Wijaya Ketua Panitia LKTI 2010.

Para peserta, terutama dari luar kota, mengaku puas dapat mengikuti LKTI yang menambah wawasan mereka. Terlebih, Ubaya juga mengakomodasi semua kebutuhan mereka selama perjalanan dari daerah asal mereka hingga ke Ubaya. Di luar semuanya itu, Claudia tidak memungkiri bahwa berbagai hambatan dan tantangan tidak lepas dari penyelenggaraan kegiatan ini. “Kami sempat mengalami masalah dana. Namun berkat semangat dan kekompakkan panitia, kami berhasil mendapatkan dukungan dari para sponsor,” terangnya.

Tidak hanya para panitia yang merasakan antusiasme peserta. Para guru pendamping yang mendampingi para peserta selama kompetisi pun mengungkapkan hal yang sama. “Kami sangat senang dapat berpartisipasi dalam lomba ini. Acara semacam ini dapat mendorong siswa untuk berkompetisi,” tutur Drs. Thomas Lamere, guru pendamping dari SMA Xaverius Ambon.

Selain babak final, LKTI ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan lain yang bertujuan mempromosikan Ubaya, serta Fakultas Farmasi khususnya. Contohnya, rally Laboratorium Farmasi serta demonstrasi dari KSM PiPOT dan CSG (Cosmetology Student Group). Hal menarik tampak jelas terlihat saat para peserta memasuki laboratorium-laboratorium yang diperkenalkan oleh panitia.

Dan akhirnya, tampil sebagai Juara adalah karya tulis yang berjudul “Pemanfaatan Ubi Jalar Ungu Sebagai Agen Antikanker Dalam Upaya Kemopreventif Carcinoma Cervical Uteri” dari SMAN 1 Singaraja. Beasiswa bebas uang gedung, sertifikat serta uang sebesar RP 5.000.000,00 pun berhasil mereka gondol. Tidak hanya itu, tim lain dari SMAN 1 Singaraja juga berhasil menjadi juara kedua, diikuti SMA Karangturi Semarang di peringkat ketiga. “Selamat kepada para pemenang! Semoga ke depannya acara ini dapat berjalan lebih baik lagi, dan semakin banyak anak SMA yang mau belajar di Ubaya.” harap Claudia.

Dan semoga Universitas Surabaya Jalin Persaudaraan Lewat LKTI FF(caz/wu).

BERIKUT ADALAH DAFTAR JUARA LOMBA KARYA TULIS ILMIAH (LKTI) FAKULTAS FARMASI (FF) UBAYA 2010

  • JUARA 1 : SMAN 1 SINGARAJA, Judul: PEMANFAATAN UBI JALAR UNGU (IPOMOEA BATATAS VAR. BLACKIE) SEBAGAI AGEN ANTIKANKER DALAM UPAYA KEMOPREVENTIF CARCINOMA CERVICAL UTERI
  • JUARA 2 : SMAN 1 SINGARAJA, Judul: PEMANFAATAN MONASCUS PURPUREUS EXTRACT (MP3) STRAIN TNF-13 SEBAGAI HMG-COA REDUKTASE INHIBITOR, ANTIOKSIDAN, DAN ANTIHIPERTENSI PADA TERAPI KOMPREHENSIF DM-TIPE2
  • JUARA 3 : SMA KARANGTURI SEMARANG, Judul: POTENSI PIGMEN INDONESIA SEBAGAI SUMBER SENSITIZER PHOTO DYNAMIC THERAPY
  • JUARA HARAPAN 1 : SMAK HIKMAH MANDALA, Judul: PENCEGAHAN KANKER DENGAN SUSU KEFIR
  • JUARA HARAPAN 2 : SMAN 2 BALIKPAPAN, Judul : RUMPUT SEGAR BERMANFAAT DARI PERAIRAN
  • JUARA HARAPAN 3 : SMA XAVERIUS AMBON, Judul : DAUN SAGA (ABRUS PRECATORIUS) OBAT ALAMI PENYAKIT SARIAWAN (STOMATITIS APHTOSA)

Universitas Surabaya Kampus Hijau

.


link terkait :
1. Universitas Surabaya (UBAYA) Kampus Hijau
2. Tabur Bunga Dies Natalis Ubaya Ke-42

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

monggo di komenn..=)