"Presents an interesting news & Satisfying your Korean needs.."


Sabtu, 20 Maret 2010

SEO in site: Universitas Surabaya Kampus Hijau

universitas surabaya kampus hijau WITH SEO

judul yg bertema "universitas surabaya" ato ngga ada embel'an "kampus hijau" pasti udah sering agan liat hampir di seluruh bagian tubuh blog ane yang sintal dan padat ini, hehe, soalnyaa hampir 3 artikel banyak cerita yg ga jelas tentang Ubaya hijau gt, belum lagi di menu2 samping, pasti risih ya?;p.

Tapi kali ini bakal beda gan, soalnya ane mau cerita sdikit tentang blog Kampus Hijau yg udah di coba2 buat Optimization di Search Engine (baca: Om Google), nah kenapa mau di Optimasi??
soalnyaa, ini berawal dari +- 2,5 Minggu lalu, Mata Kuliah "Topik Khusus Internet" mengharuskan mahasiswa'nya buat nge'create blog/website yg bertemakan Universitas Surabaya Kampus Hijau. Supaya kalo Pak Dosen ane pas UTS/UAS ntar Sercing dgn keyword/kata kunci ini -Universitas Surabaya Kampus Hijau-, nah para agan2 mahasiswa yg tadi buat blog masing2, bakal bersaing dari daptar pencarian om google.com..
Jadi, Barang siapaa yang bisa masuk dalam list 1-10 pencarian google tadi, nilai Tugas apa'nya gt bisa dapat tinggi. (moga ane yg dapat =) mo'on bantuannya gan ? =)

Terus masalah apa itu SEO ?? seo itu, artinya cara2/trik2 yang dilakukan para webmaster/blogger/agan2 sekalian buat memunculkan/menaikan peringkat blog/web agan2 sendiri dari hasil pencarian di Om gooGle n om-om yang lain semacam Om bing n Om Yahoo. yah,sekiranya kurang lebih gt arti dari SeO, pasti agan2 sendiri lebih ngarti dari ane mengenai ilmu alam ini.
Jadi, sekarang ane bakal mengupas cara2 yang udah ane lakukan selama 6 hari ini, sehingga blog ane ini :
www.surabaya-universitas--kampus-hijau.blogspot.com puji TYME bisa bertengger di halaman 5-7. hapi2..=)
walaupun kalah dengan iklan2 yg jumlahnya puluhan di halaman 1-4, sedih =(

nah,tanpa ber'panjang lebar lagi ane bakal share ilmu yg ane dapatkan buat agan2 sekalian, (mohon kritik n saran'nya gan)..
1. Usahakan domain web/blog agan "sama" / paling ngga "mirip" laah dengan keyword yang bakal di inputkan user/surfer ntar.
contohnya: saya buat domain : www.surabaya-universitas--kampus-hijau.blogspot.com.
supaya bisa mencakup keyword dari user ntar :"universitas surabaya kampus hijau"

2. Buat Title/Judul n Deskripsi blog/web agan yg juga terkait dengan keyword dari User/surfer ntar. Denger2 sih juga ada pegngaruh kalo kite bisa set "Meta Keyword" n "Meta Deskripsi" yg sama gan.. tapi ane masi belajar juga caranya gmn.. maklum masi newbie gan..=(

3. Konten,!! nah kata'nya sih Content tuh EVERYTHING gt gan.. jadi konten artikel yang kita buat ntar, musti ada keterkaitan dengan keyword yg bakal di'inputkan user gan.. Biasanya sih, usahakan mengulang2 keyword yang kita mau di dalam artikel yang kita buat gan.. tapi harus tetap enak buat di baca ama user, soalnya Om google bisa nge'cek pake algoritma apa gt gan.. ntar kalo menurut om Google konten kita ganjil, bisa2 kita di kira spammer n bisa2 page Rank ato rating blog kita jadi turun gt..
jadi usahakan artikel/konten yg kita buat se natural mungkin gan, tanpa melupakan pengulangan keyword yg sewajarnya gt..
contoh lagi gan: ane mengulang2 keyword "Universitas & Surabaya & Kampus & Hijau" di setiap paragraf.. tapi jangan maksa jg gan.. kesan natrual aje.. Om google lebi suka ma blog kita yg cantik'nya natural..hehe...

4. Membuat SiteMap, nah sitemap ini bisa diibaratkan sebagai 1 peta dari seluruh isi blog/website kita gan. Jadi dengan sitemap ini blog kita bisa semakin gampang untuk dikenalin ma Om google, n ada yang bilang dengan sitemap ini bisa memudahkan kerja dari mesin pencari untuk merangkum seluruh halaman dari blog kita gan.
Caranya yang saya tau baru 2 gan, kita bisa daptar n buat account di web ini :
--> http://www.google.com/webmasters/tools/
--> http://www.xml-sitemaps.com/

5. Mendaftarkan blog/web agan di beberapa mesin pencari maupun web directory gan.. supaya blog/web agan bisa cepat di kenali n di'index ama Om Google dkk.. ga harus daptarin ke semua mesin pencari sih gan, cukup dengan ke mesin pencari yang punya popularitas n rating yg tinggi macam google,yahoo,n msn/bing sekarang gan..
contoh: agan bisa daptarkan web agan di :
--> Google : www.google.com/addurl/
--> Yahoo : www.submit.search.yahoo.com
--> Dmoz.org : www.dmoz.org

6. Jangan coba2 buat optimasi blog/web agan dengan Jalur Hitam / BlackHAT gan, soalnya denger2 nih Om google udah pnya algoritma lagi buat ngakalin trik2 yang gini'an gan.. jadi jangan coba buat content/artikel agan yang fuul dengan link (Link Farm) ke web agan sendiri..sehingga artikel yg agan buat minim isi, cm banyak link2 n keyword doang.. ato Jalur Hitam "Keyword Stuffing", ini juga ati2 gan.. bisa2 web kita di anggap web spam / gt lah.. jadi pengaruhnya juga kurang baik buat web agan2 sekalian.

7. Sering2 buat UpDate Blog/web gan.. penting ini.. soalnya oM google n mesin pencari lain2nya terus2an ngeliat web kita.. jadi anggapannya sebelum mesin robot mereka menjelajah web kita, sering2lah kita dinamis bwt update2 content..

8. BackLink gan,. ini semacam optimasi dimana link/alamat blog/web kita ditempatkan/terletak di dalam blog/website orang lain. jadi blog kita bakal dipikir Om google popularitas'nya tinggi, apalagi link web kita ditaro/berasal dari web yang punya peringkat(page rank) yang tinggi.. sehingga Om google bakal senang dengan blog/web kita, n bakal buat kita dapat tempat yang tinggi dari hasil pencarian user..

9. Traffik pengunjung gan.! katanya sih pengaruh gitu.. tapi ane juga pernah dengar kalo sekarang gak nge'fek lagi ya? apa benar gan?? se'pemikiran ane sih masi pengaruh dalam Seo gan.. tapi ini cm pemikiran sih, mohon komentar dan sarannya ya gan.??

10. Banyak Berdoa n Sabarlah dalam menuai hasil agan.^^

yah, sekian dari pemikiran ane mengenai Seo. Semoga agan yang memulai seperti saya dapat sedikit terbantu.=)


tolong kunjungi juga blog ane ya gan?^^

http://www.surabaya-universitas--kampus-hijau.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

monggo di komenn..=)